Gandeng Bank BJB, Fakultas Teknik Universitas Subang Ciptakan Kawasan Ekowisata di Subang

Foto: Dekan Fakultas Teknik Unsub, H. Deny Poniman Kosasih ST. MT., bersama Team, di kawasan Ekowisata Kp. Bunikasih desa Cupunagara-Cisalak-Suban

LPPM Universitas Subang (UNSUB) dan Fakultas Teknik UNSUB dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi kunjungi Desa Cupunagara Kecamatan Cisalak Kab. Subang, untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat melalui program Ekowisata di kampung Bunikasih RT 01/ RW 01, Kamis (5/11).

Program Ekowisata merupakan kegiatan wisata yang bertanggung jawab terhadap alam, memberdayakan masyarakat, meningkatkan kesadaran lingkungan.

foto: Pembangunan pintu masuk kawasan Ekowisata, Kp. Bunikasih

Dekan Fakutas Teknik UNSUB H. Deny Poniman Kosasih, ST. MT, menjelaskan bahwa program Ekowisata ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, Bupati Subang H. Ruhimat dengan program Sapapait Samamanisnya, menyambut baik, dengan merekomendasikan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari Bank BJB.

“Alhamdulilah sekarang sudah mulai pembangunan, dan itu disambut baik oleh masyarakat, dengan harapan nantinya akan menjadi kawasan wisata, sehingga ekonomi masyarakat meningkat” ujar H. Deny Poniman, disela-sela kunjungannya, Kamis (05/11).

Sementara itu, ketua Tim Pelaksana Program CSR Bank BJB, Fakultas Teknik UNSUB Prodi Arsitekur Susanto ST, MT., menjelasakan bahwa, berangkat dari program PUPR Sapapait Samamanis, pihaknya dilibatkan dalam teknis penataan kampung wisata dalam hal membantu Detail Engineering Design (DED).

“Karena Keterbatasan finansial pendanaan dari pemerintah, karena sedang Covid, program sapapait samamanis ini untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang terkena Covid kepedulian dari SKPD, jadi kita dilibatkan dalam hal perencanaannya, menggandeng Bank BJB sebagai pendana program ekowisata di kampung Bunikasih ini” ujar Susanto.

Setelah Bupati Subang berkujung kesini, lanjut Susanto, memberikan motivasi dan arahan dan pembukaan jalan oleh PUPR, selanjutnya akan dilanjutkan oleh LPPM UNSUB melalui Fakultas Teknik untuk membangun kawasan Ekowisata.

“jadi tugas kami disini, untuk menambah Fasilitas , seperti Gapura Kampung, ada tempat selfie Gardu Pandang, terus ada home stay untuk tamu-tamu nanti serta balai musyawarah, karena dikampung ini belum ada” tambahnya.

Masih kata Susanto, anggran yang digunakan saat ini dari CSR Bank BJB sebesar 200 juta yang akan di usulkan, ini termasuk bangunan dan perbaikan jalan, sementara itu progres pembangunan ini baru 2 minggu berjalan.

“kita usulkan bulan Agustus turunnya 50 persen di bulan Oktober, tahap pertama ini kita bangun Gapura, Gardu Pandang dan Tugu Selamat Datang, tahap dua kita lanjutkan dengan pembangunan home stay dan Balai Musyawarah ” pungkasnya.