Inovasi Baru, Fakultas Teknik Unsub dan Unika Atmajaya Jakarta Ciptakan Reaktor Biomass

Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin Universitas Subang bersama Jurusan Teknik Mesin Unika Atmajaya Jakarta

SUBANG – Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Subang bekerjasama dengan Jurusan Teknik Mesin Unika Atmajaya Jakarta, bersama sama melakukan penelitian untuk mengembangkan teknologi biomass, Sabtu (14/11) lalu.

Dekan Fakultas Teknik Unsub, H. Deny Poniman Kosasih ST, MT. menyatakan bahwa, penelitian ini digelar untuk merancang dan membuat suatu reaktor gasifikasi biomass yang mengolah bahan biomass berupa sekam padi, cangkang kelapa sawit dan pellet kayu yang dibakar melalui suatu system reaktor sehingga menghasilkan sintesis gas yang mudah terbakar (combustible gas).

“Teknologi gasifikasi biomassa ini belum memasyarakat, dikarenakan instalasinya yang masih cukup rumit,” ujar H. Deny, Selasa (17/11).

Tim Jurusan Teknik Mesin Universitas Subang yang diketuai Novandri Tri Setioputro, ST, MT, dengan bantuan dana hibah dari Dirjen Pendidikan Tinggi, berusaha membuat suatu reaktor gasifikasi biomass yang dapat diaplikasikan di masyarakat.

“Alhamdulillah pembuatan reaktor berjalan lancar, sehingga bisa di ujicoba bersama tim dari Unika Atmajaya, dengan hasil mendekati dari apa yang direncakanan,” kata Novandri, Sabtu, (14/11/2020) pada saat uji coba di Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Subang.

Dr. Ing Widodo sedang mengamati reaktor biomass

Di tempat yang sama Dr. Ing. Widodo, dari Jurusan Teknik Mesin Unika Atmajaya, sangat mengapresiasi kepada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Subang dibawah koordinasi Novandri T.S,ST.,MT, yang dinilai sudah berhasil membuat reaktor gasisifikasi biomass ini dengan menerapkan telnologi terbaru.

“Dari kegiatan ini harapan terbesar saya adalah supaya alat hasil penelitian dapat diaplikasikan di masyarakat, sebagai salah satu bahan alternatif energi,” ungkap Dr. Ing. Widodo.