dikti.kemdikbud.go.id

Surat Pengantar PKKMB 2020

Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

bACA sURAT

PANDUAN PKKMB 2020

Klik untuk mengunduh

Download

Apa PKKMB itu?

PKKMB ( Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ) yang pada jaman dulu dikenal dengan nama OSPEK adalah kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru yang ada di semua kampus perguruang tingi di seluruh indonesia, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

Apa yang menjadi acuan diselenggarakan PKKMB ini?

Kegiatan PKKMB ini diselenggarakan sesuai dengan surat edaran kemenristekdikti 631/E.E2/KM/2020 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2020

Surat edaran kemenristekdikti No.631/E.E2/KM/2020 tersebut menjelaskan apa?

Program PKKMB adalah program institusi bukan program mahasiswa, karen itu PKKMB menjadi tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi dengan kepanitiaan melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Pada tahun 2020 dengan kondisi Pandemik COVID-19, kegiatan PKKBM dilaksanakan secara daring.

Materi PKKMB apa saja?

PKKMB diisi dengan materi tentang Pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, kehidupan berbangsa dan bernegara; Pembinaan gerakan nasional revolusi mental: Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu; Sistem pendidikan tinggi di Indonesia; Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan baru pasca pandemi (new normal); dan Kesadaran lingkungan hidup dan kesiapsiagaan bencana di perguruan tinggi.

Apa yang menjadi fokus kegiatan PKKMB?

Penyelenggaraan PKKMB difokuskan pada upaya pendewasaan dan pembelajaran dengan tertib dan tidak ada kekerasan verbal, fisik maupun mental serta menjadi Wahana sosialisasi Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan penanaman program gerakan nasional revolusi mental. Jangan sampai ketinggalan dan terlewatkan mengikuti PKKMB FT UNSUB, 8 – 9 September 2020.