Selamat Datang di Website Fakultas Teknik Universitas Subang

“Fakultas Masagi di Bidang Rekayasa”

Fokus dan Keunggulan Pendidikan

Fakultas Teknik Universitas Subang (FT UNSUB) adalah Fakultas yang menaungi empat Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) Teknik, yaitu Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Arsitektur. Kiprah FT-UNSUB  dimulai bersamaan dengan pendirian keempat Prodi tersebut pada tanggal 10 Agustus 1998 dibawah Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Kutawaringin Subang  dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.223/SK/Dikti/Kep/1999 tanggal 10 Mei 1998. Pada tahun 2005, STT Kutawaringin dan STIA Kutawaringin Subang bergabung menjadi Universitas Subang dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 33/D/O/2005 tanggal 22 Maret 2005. Input mahasiswa FT UNSUB sebagian berasal dari fresh-graduate SMA dan SMK di wilayah Jawa Barat Utara (tidak hanya dari Kabupaten Subang). Sebagian lagi adalah mahasiswa yang berstatus karyawan,  yang ingin meningkatkan kapasitas pendidikan sesuai tuntutan pekerjaan, meningkatkan peluang karir, atau untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik di bidang industri/ manufaktur. Selama 20 (dua puluh) tahun FT-UNSUB aktif menghasilkan lulusan. Alumni/lulusannya telah banyak yang berkontribusi aktif mengamalkan ilmunya di berbagai lembaga pemerintah, BUMN, Industri, kontraktor, konsultan, dan lembaga pendidikan seperti SMK.

Kebutuhan Tinggi Profesi Insinyur di Wilayah Jabar Utara Saat ini dan ke Depan

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2019 terdapat 5.227 industri sedang dan besar di wilayah Jabar Utara, yang menyerap total sekitar 1,3 juta pekerja. Kebijakan Pemerintah Pusat untuk menjadikan segitiga emas Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) menjadi kawasan industri dan metropolitan baru, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia. Kondisi saat ini da ke depan membutuhkan ribuan Insinyur yang berkulitas dan berdaya saing, khususnya di bidang Teknologi Industri dan Teknik Sipil-Perencanaan. FT UNSUB adalah satu-satunya Fakultas Teknik PTS di seluruh wilayah Jawa Barat Utara yang memiliki empat Prodi S1 Teknik (2 prodi Teknologi Industri dan 2 prodi Teknik Sipil-Perencanaan), sehingga paling siap menjawab tantangan trend kebutuhan tersebut baik dari sisi kuantitas mau pun kualitas.

Terdepan dalam Mendukung Pembangunan dan Kemajuan Ekonomi Jabar Utara

Wilayah Jawa Barat Utara, khususnya Kabupaten Subang, memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Di wilayah Selatan terdapat berbagai hulu daerah aliran sungai sebagai sumber air baku untuk padi sawah, energi terbarukan, industri, dan air minum. Terdapat juga potensi energi panas bumi terduga hingga 375 mega watt, yang bisa disinergikan dengan industri pasca panen komoditas perkebunan dan hortikultura yang melimpah di wilayah Selatan. Wilayah tengah yang merupakan kawasan perkotaan dan urat nadi perdagangan (keberadaan Tol Cipali). Serta wilayah Utara yang menjadi kawasan industri, pergudangan/logistik, dan perikanan tangkap. Semuanya membutuhkan dukungan perguruan tinggi, khususnya kepakaran teknik, agar dapat memberdayakan SDM lokal menjadi aktor utama proses pembanguan dan kemajuan ekonomi, tidak hanya jadi penonton.