Kurikulum
Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, Universitas Subang telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2006 dan pada tahun 2017 program studi Teknik Mesin penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Kurikulum yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktifitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitas practical skills, peningkatan kualitas soft skills, peningkatan efektivititas pembelajaran dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga lulusan program studi Teknik Mesin yang ditunjukkan pada profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.

Peta Kurikulum

S1 Teknik Mesin Universitas Subang

Kurikulum Teknik Mesin 2020 dengan keunggulan dalam bidang Perancangan, Konversi Energi, Manufaktur dan Material dan K3 dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan problematika industri Manufaktur serta dapat mengembangkan Industri Manufaktur yang berbasis Teknologi Digital dan Otomasi.

Kurikulum dirancang dengan 146 SKS (Sistem Kredit Semester) yang dapat ditempuh dengan masa studi normal selama 8 semester atau 4 tahun.

Proses Pembelajaran

Prodi Teknik Mesin menerapkan Kurikulum yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktifitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan.

Program Studi Teknik Mesin di samping memberikan mata kuliah wajib, adapula mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa teknik mesin Universitas Subang, diantaranya:

  • Konsentrasi Perancangan
  • Konsentrasi Konversi Energi
  • Konsentrasi Manufaktur dan Material
  • Konsentrasi K3

Pelaksanaan Perkuliahan dan Kegiatan Praktikum seluruhnya dilaksanakan di Gedung Laboratorium Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Subang. Selain itu, Program Studi Teknik Mesin juga telah menerapkan sistem e-learning untuk kegiatan perkuliahan maupun keberlangsungan uji kompetensi.

Tujuan dan metode pembelajaran di Program Studi Teknik Mesin telah disandingkan dengan program sertifikasi yang berlaku di industri. Program ini dilaksanakan melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Melalui program ini mahasiswa Teknik Mesin dapat memperoleh sertifikasi sehingga lulusan Teknik Mesin memiliki keunggulan dalam berkompetisi di era Revolusi Industri 4.0.

Konsentrasi

Program Studi Teknik Mesin memberikan mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan tersebut diklasifikasikan ke dalam beberapa konsentrasi agar dapat memudahkan mahasiswa untuk memilih mata kuliah pilihan yang diinginkan.

Kosentrasi Program Studi Teknik Mesin

Bidang Perancangan

Kelompok Keahlian Perancangan Mesin memiliki bidang kajian dan pengembangan dalam perancangan teknik dan ilmu rekayasa, dinamika dan kontrol sistem, perawatan prediktif berbasis analisis sinyal getaran.

Tabel Mata Kuliah

Bidang Konversi energi

Kelompok Keahlian Konversi Energi memiliki kajian dan pengembangan ilmu di bidang konversi energi antara lain teknik termo-fluida, pembangkit tenaga, computational fluid dynamics, renewable energy / biomass dll.

Tabel Mata Kuliah

Bidang Manufaktur dan Material

Kelompok Keahlian Teknik Produksi Mesin dan Teknik Material memiliki kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknik produksi/manufaktur, kontrol kualitas produk, otomasi dan sistem manufaktur, robotika, numerical control, pengolahan material dan penemuan material baru.

Tabel Mata Kuliah

Bidang K3

Kelompok Keahlian K3 memiliki kajian dan pengembangan ilmu di bidang Keamanan dan Keselamatan Kerja, pengelolaan bencana / bahaya dan resiko yang berpotensi terjadi di lingkungan kerja, pengawasan dan audit fasilitas di lingkungan kerja, konsep kecelakaan & investigasi, higiene industri dan sebagainya.

Tabel Mata Kuliah
Fasilitas Laboratorium

Untuk mendukung proses pembelajaran Prodi Teknik Mesin memiliki beberapa laboratorium, yaitu:

  • Laboratorium Desain / CAD
  • Laboratorium Metrologi Industri
  • Laboratorium Pengujian Material
  • Laboratorium Manufaktur/Fabrikasi
  • Laboratorium Konversi Energi

Dengan fasilitas sebagai berikut:

  • Software 3D Modeling dan Manufacturing (CAD/CAM)
  • Simulasi Produk dan Analisis Teknik secara Digital
  • Peralatan Produksi (Turning Machine, EDM, Milling Machine, Drilling Machine, Grinding Machine, Injection Moulding, Welding, dll)
  • Peralatan Produksi Berbasis Komputer (CNC Machine)
  • Mesin Pengujian Bahan Teknik (Tensile Test Machine, Impact Test Machine, dan Hardness Test Machine)
  • Peralatan Simulasi Konversi energi (Mesin Pendingin, Mesin Hidrolis, dan Turbin)
  • Peralatan Simulasi Casting (Pengecoran) dan Motor Bakar
  • Peralatan Sistem Otomasi dan PLC
  • Peralatan Metrologi Industri
Penelitian dan Publikasi

Penelitian dan Publikasi Program Studi Teknik Mesin

Kalender Akademik

Kalender Akademik Program Studi Teknik Mesin

E-Learning

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang lebih baik, kami telah menyediakan E-learning Tingkat Universitas dan Fakultas.

Pendaftaran

Untuk berbagai informasi Pendaftaran Mahasiswa baru (alur, biaya, jalur, beasiswa, dan lain sebagainya) serta Brosur dapat dilihat pada link berikut ini :